Cara Merawat Kamera DSLR Agar Awet

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Awet

Merawat sebuah kamera harus dengan cara yang tepat. Karena sebenarnya kamera sangat rentan sekali terhadap berbagai debu dan kotoran, bahkan terhadap kelembaban ruangan. Salah sedikit saja, kamera bisa saja terkena jamur yang bisa merusak lensa dan mesin yang ada di dalamnya.

Nah, bagaimana sebenarnya cara merawat kamera tersebut?

Jauhkan dari Debu dan Kotoran

Ketika menggunakan kamera hendaknya harus menghindarkannya dari berbagai debu dan kotoran. Terutama bagian yang sangat sensitif, seperti pada lensa dan juga layar kamera DSLR. Begitu juga dengan benda-benda cair yang sangat berbahaya bagi kamera seperti air, minyak, dan lain sebagainya.

Setelah pemakaian harus dibersihkan dengan teliti. Sehingga tidak ada kotoran yang menempel pada kamera. Untuk membersihkannya gunakan kain lembut atau toolkit pembersih kamera yang sudah banyak disediakan di toko-toko kamera.

Simpan di Tempat yang Tepat

Kamera sangatlah rentan terhadap suhu dan juga kelembaban udara. Karena sebaiknya saat menyimpan kamera harus diletakkan di tempat yang kering dan sejuk. Suhu yang digunakan dalam menyimpan kamera ini paling tidak seperti di suhu ruang.

Namun jika Anda ingin memiliki tempat penyimpanan yang praktis, gunakan dry box kamera. Tempat penyimpanan ini menjadi tempat terbaik dalam menyimpan kamera. Apalagi di dalamnya memang dirancang khusus untuk penyimpanan kamera DSLR.

Servis Secara Berkala

Perawatan yang juga harus dilakukan agar kamera tetap awet dan bisa digunakan dengan maksimal adalah dengan servis secara berkala. Paling tidak dalam sebulan sekali, atau juga tergantung dari pemakaian, Anda harus menservis kamera.

Servis kamera ini akan membuat kamera Anda kembali memiliki performa terbaiknya. Lensa akan berfungsi dengan normal, begitu juga dengan bagian-bagian lainnya. Lensa yang cenderung terbuka sangat rentan dari kerusakan.

Belum lagi, adanya pemakaian yang terlalu sering, biasanya membuat kamera akan berkurang kemampuannya. Seperti bagian tombolnya yang mulai mengelupas, dan lain sebagainya.

Itulah cara merawat kamera DSLR agar memiliki daya tahan yang lebih lama. Selain itu, perawatan ini juga akan mengoptimalkan fungsi kamera, meski sering digunakan.

https://www.blibli.com/c/3/dry-box-kamera/DR-1000001/53184

Leave a Reply

Your email address will not be published.