KUNCI JAWABAN Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 62 63 64 65 66 67 68 69 Buku Tematik Pembelajaran 2

KUNCI JAWABAN Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 62 63 64 65 66 67 68 69 Buku Tematik Pembelajaran 2

Berikut kunci jawaban buku Tematik Tema 5 Kelas 4 SD Subtema Kedua Pembelajaran 2. Subtema Kedua memiliki topik Pahlawanku Kebanggaanku. Dalam Subtema Kedua terdapat Pembelajaran 1 sampai 6.

Berikut ini kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 SD halaman 62 63 64 65 66 67 68 69 Pembelajaran 2 dengan Subtema kedua: Pahlawanku Kebanggaanku. Gusnadi Wiyoga – Prestasi di Tengah Keterbatasan Gusnadi Wiyoga berumur 15 tahun. Ia berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di Dusun Waringin, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Ayahnya adalah seorang tukang sol sepatu dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Kondisi perekonomian orang tua Gusnadi yang kekurangan tidak membuatnya patah semangat untuk berprestasi.

Yoga panggilan akrabnya, berhasil meraih medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011 di Manado. Hasil ini mengantarkan Yoga mewakili Indonesia di International Competitions and Assessment for Schools (ICAS) wilayah Asia Pasifik tahun 2011. Pada kompetisi ini Yoga mendapatkan medali perak. Kesederhanaan tidak menjadi hambatan baginya untuk berprestasi. Sejak kecil, Yoga terbiasa belajar mandiri, tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. Setiap malam, ia tekun mengulang pelajaran yang diterimanya di sekolah. Bagaimana memulai semuanya? Semua itu berawal ketika ia duduk di kelas VI SD. Saat itu, ia dikirim ke Hong Kong (2007) untuk mengikuti lomba Matematika mewakili Indonesia. Dalam perlombaan itu, ia tidak menang. Namun, hal ini menjadi pemicu bagi Yoga untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan prestasinya, Yoga berhasil membuktikan bahwa semangat dan kerja keras bisa mengalahkan keterbatasan. Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha. 1. Apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga?

Jawaban: Yoga meraih medali perak pada Olimpiade Sains Nasioanl (OSN) pada tahun 2011 di Manado. Yoga meraih medali perak di International Competitions and Assessment for Schools (ICAS) wilayah Asia Pasifik pada tahun 2011. 2. Apa usaha yang Yoga lakukan untuk meraih prestasi itu?

Jawaban: Usaha yang dilakukan Yoga adalah dengan terus belajar mandiri dan mengembangkan diri tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. 3. Sikap sikap baik apa yang dimiliki oleh Yoga? Jelaskan jawabanmu! Jawaban:

Yoga tidak pernah mengeluhkan kondiri perekonomian orang tuanya. Yoga tidak patah semangat untuk berprestasi. Yoga selalu bersemangat dan kerja keras dalam berusaha.

Salah satu sikap yang dimiliki oleh Yoga adalah kerja keras. Sikap itu sesuai dengan sila kelima. Ayo kita pelajari lebih lanjut. Sila kelima : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Sila ini bermakna sebagai berikut. • Adil, bukan harus sama. • Mau bekerja keras. • Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain. • Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain. Lambang sila kelima adalah berikut.

Amati simbol di atas. Jelaskan arti dari simbol tersebut! Jawaban: Simbol diatas merupakan padi dan kapas. Padi dan kapas melambangkan kebutuhan pokok manusia, padi melambangkan pangan dan kapas melambangkan sandang/pakaian. Apa hubungan simbol dengan maknanya?

Jawaban: Padi dan kapas melambangkan kebutuhan pokok manusia yaitu pangan dan sandang/pakaian ini dipilih dengan tujuan agar memberikan kebutuhan dasar setiap warga Indonesia secara adil dan merata. Bacalah cerita berikut dan diskusikan jawaban pertanyaan pertanyaannya bersama kelompokmu! 1. Apakah Edo sudah membagi pekerjaan secara adil? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban: Edo sudah bersikap adil dalam membagi pekerjaan kepada setiap anggota kelompok. 2. Apakah sikap Edo dan temantemannya mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabamu! Jawaban: Sikap Edo sudah mencerminkan sila kelima yaitu sudah bersikap adil.

3. Apa yang akan terjadi jika pada saat kerja kelompok, tugas tidak dibagi secara adil? Jawaban: Jika tugas tidak dibagi secara adil maka akan ada anggota yang merasa keberatan karena menerima tugas lebih banyak dan akan ada anggota yang tidak kebagian tugas. Sikap apa lagi yang sesuai dengan sila kelima pancasila? Cari dan diskusikan dengan temanmu!

1. Menghormati dan menghargai hak hak orang lain. 2. Peduli terhadap penderitaan yang dialami orang lain. 3. Suka memberi pertolongan kepada orang yang membutuhkan tanpa membeda bedakan.

4. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. 5. Saling menghargai dan menghormati tanpa membeda bedakan suku ras dan agama. Sekarang, saatnya kamu berlatih dengan teman temanmu untuk menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan tempo sedang.

Tambahkan tepuk tangan atau ketukan untuk mengiringi kamu bernyanyi.Bernyanyilah dalam kelompok. Mintalah pendapat temanmu. Apakah saat kamu bernyanyi tinggi rendah nada sudah sesuai? Apakah tempo sudah sesuai? atau ketukan? Minta temanmu menuliskan pendapatnya di kolom berikut! Jawaban: Disesuaikan dengan pendapat masing masing siswa.

Selain mempunyai semangat yang kuat untuk mencapai kemerdekaan, para pahlawan juga mempunyai rasa kebersamaan sebagai bangsa Indonesia. Mereka bersama sama melawan penjajah. Temukan garis sejajar dan berpotongan pada gambar di atas. Jawaban: Disesuaikan dengan jumlah yang ditemukan siswa.

Apa ciri ciri dari garis berpotongan? Mari kita lakukan percobaan berikut. – Ambillah satu lembar kertas. – Lipat kertas tersebut menjadi dua bagian sama besar. – Hasil lipatan, dilipat lagi menjadi dua bagian sama besar. Tebalkan garis yang terbentuk pada lipatan dengan pensil. Apakah kamu menemukan garis? Garis apa yang kamu temukan?

Jawaban: Garis yang berpotongan. Apakah kamu menemukan sudut? Sudut apa yang kamu temukan? Coba ukurlah besar sudut dengan busur. Jawaban: Sudut siku siku (90 derajat).

Apakah besar setiap sudut sama? Kamu harus membuktikan besar sudut dengan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya. Jawaban: Besar setiap sudut sama karena hasil lipatan membentuk 2 garis yang berpotongan tegak lurus. Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini? Dua garis yang kamu temukan tadi adalah garis berpotongan tegak lurus. Bagaimana sudut yang terbentuk dari perpotongan garis tegak lurus?

Jawaban: Dari percobaan diatas dapat disimpulkan bahwa dua garis yang berpotongan tegak lurus akan menghasilkan empat sudut yang sama besar yaitu sudut siku siku (90 derajat). – Ambillah satu lembar kertas. – Lipat kertas tersebut menjadi dua bagian sama besar. – Hasil lipatan, dilipat lagi menjadi dua tetapi tidak sama besar. – Tebalkan garis yang terbentuk pada lipatan dengan pensil dengan pensil. Apakah kamu menemukan garis? Garis apa yang kamu temukan?

Jawaban: Garis berpotongan yang tidak tegak lurus. Apakah kamu menemukan sudut? Sudut apa yang kamu temukan? Coba ukurlah besar sudut tersebut dengan busur. Jawaban: Sudut siku siku (90 derajat).

Apakah besar setiap sudut sama? Cobalah membuktikan besar sudut dengan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya. Apa yang bisa kamu simpulkan? Jawaban: Besar setiap sudut sama. Dua garis garis yang kamu temukan tadi adalah garis perpotongan yang tidak tegak lurus. Bagaimana sudut yang terbentuk dari perpotongan garis yang tidak tegak lurus?

Jawaban: Sudut yang terbentuk dari dua garis yang berpotongan tidak tegak lurus akan menghasilkan dua pasang sudut yang sama besar. Temukan garis yang berpotongan tegak lurus dan tidak tegak lurus pada gambar berikut. Identifikasi sudut sudut yang dihasilkan. – Hal hal baik apa yang kamu pelajari hari ini? – Hal hal baik apa yang bisa kamu contoh dari Yoga?

Sampaikan kepada orang tuamu tentang sikap Yoga. Mintalah pendapat mereka tentang hal hal yang bisa kamu contoh dari Yoga. *) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.