Tips memilih Mahar yang Tepat

Tips memilih Mahar yang Tepat

Dalam memilih mahar yang sesuai dan tepat tentunya bukanlah hal yang mudah dan mudah. Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Sehingga hari pernikahan Anda bersama pasangan menjadi sejarah yang tak terlupakan. Berikut tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih mahar.

  1. Anggaran yang dimiliki

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih mahar adalah anggaran Anda. Jangan memilih dan membeli barang-barang yang tidak mampu Anda beli dan bahkan tidak memiliki petualangan dengannya. Sehingga pernikahan setelah meninggalkan hutang karena mahar terlalu mahal.

Atau sebaliknya, punya cukup uang tapi memilih barang yang kurang pas. Anda menyesuaikannya dengan berapa banyak anggaran yang Anda miliki.

  1. Membahas mahar dengan kedua mempelai

Mahar juga merupakan benda yang akan diberikan kepada mempelai wanita. Jadi, jika Anda bingung, tidak ada salahnya untuk menyimpannya bersama dengan pengantin. Hal ini normal dan sering dilakukan.

Dengan begitu, nantinya akan lebih mudah saat memilih mahar. Sehingga mahar yang diberikan tidak mengecewakan si wanita, dan membuatnya bahagia.

  1. Menyesuaikan mahar dengan tujuan dan misi

Saat memilih mahar, keputusan memang ada di tangan mempelai pria. Namun, jika Anda memiliki tujuan dan misi tertentu, tidak ada salahnya untuk menyesuaikan maharnya. Dengan tujuan dan misi tersebut, mahar yang akan Anda berikan nantinya dapat memberikan kesan yang lebih baik.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan prinsip hidup atau visi hidup Anda dalam menentukan mahar. Kadang-kadang orang tua campur tangan dengan tujuan menyarankan mas kawin yang sesuai. Namun, itu semua terserah Anda untuk memutuskan.

Jadi seperti apa mahar yang terbaik?

Sebuah mahar pernikahan tidak perlu diukur dengan berapa biayanya. Namun, lihatlah dari sisi pandang saat memberikannya. Selain itu, setiap mahar yang diberikan harus berupa benda berharga yang tidak dapat dipisahkan dari bentuk apapun.

Bagi istri hendaknya meminta mahar yang tidak mempersulit calon mempelai pria dan bagi istri hendaknya berusaha memberikan mahar yang terbaik bagi calon istri agar tercipta prestasi bagi keduanya.

Sebelum memilih mahar pernikahan, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Saat merasa bingung atau kesulitan membuat pilihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.