Ini 4 Cara Mengatasi Kekurangan Gizi pada Ibu Hamil

Ini 4 Cara Mengatasi Kekurangan Gizi pada Ibu Hamil

Memastikan kebutuhan gizi terpenuhi di masa kehamilan sangatlah penting. Bukan hanya demi kebaikan tubuh sang ibu, pemenuhan gizi ini juga penting bagi janin yang bertumbuh di dalam kandungan. Jika terjadi indikasi gizi kurang maka dibutuhkan cara mengatasi kekurangan gizi pada ibu hamil yang aman sekaligus efektif.

Langkah Mengatasi Kondisi Kurang Gizi pada Ibu Hamil

Saat ibu hamil mengalami kekurangan gizi maka secepat mungkin harus diambil tindakan yang tepat. Status gizi harus segera diperbaiki agar perkembangan janin dalam kandungan tidak terhambat. Berikut adalah 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi kekurangan gizi pada ibu hamil:

  • Atur Pola Makan Seimbang

Kunci penting dalam mengatasi masalah kekurangan gizi adalah mengatur pola makan agar tetap bergizi seimbang. Pilihlah jenis makanan yang kandungan gizinya lengkap dan seimbang. Ibu hamil sebaiknya berkonsultasi kepada dokter kandungan mengenai pola makan yang bisa diterapkan agar kebutuhan gizi tubuh dan janin bisa terpenuhi dengan baik.

  • Konsumsi Suplemen Kehamilan

Cara mengatasi kekurangan gizi pada ibu hamil yang biasanya direkomendasikan oleh dokter kandungan adalah mengonsumsi suplemen. Suplemen kehamilan ini sangat efektif membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin karena asupan nutrisinya bisa lebih terjaga. Jadi pastikan untuk rutin mengonsumsi suplemen kehamilan, apalagi jika sudah ada indikasi kekurangan gizi.

  • Lakukan Olahraga Rutin

Berolahraga juga akan membantu tubuh ibu hamil dan janin tetap sehat. Lakukan olahraga rutin yang sesuai untuk ibu hamil. Olahraga ini bisa membantu memperlancar proses metabolisme sehingga proses penyerapan nutrisi bisa lebih optimal. Selain itu, olahraga juga akan menjadi kebiasaan baik yang memperkuat fisik Anda sebagai persiapan melahirkan. 

  • Minum Susu Kehamilan

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah minum susu kehamilan. Ada beberapa pilihan produk susu yang memang didesain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Jika tidak suka minum susu kehamilan maka bisa diganti dengan jenis susu lain asalkan tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi.

Terapkan 4 cara mengatasi kekurangan gizi pada ibu hamil ini dengan sebaik mungkin. Lakukan kontrol rutin ke dokter kandungan untuk mengetahui status kesehatan tubuh serta kondisi janin. Mintalah rekomendasi dari dokter agar kebutuhan gizi selalu terpenuhi dan janin bisa berkembang secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.