4 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

4 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan merupakan hal yang normal dialami oleh setiap wanita, terutama bagi ibu hamil. Hal ini bisa terjadi sebab adanya perubahan hormon yang ada di dalam tubuh ibu hamil. Meskipun kondisi ini tidak berbahaya, namun akan membuat ibu hamil tidak nyaman untuk beraktivitas. Lantas, bagaimana cara mengatasi keputihan saat hamil? Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan.

1. Rutin Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keputihan adalah dengan menjaga kebersihan area kewanitaan, khususnya setelah buang air kecil maupun air besar. Caranya, Anda bisa membasuh area kewanitaan menggunakan air bersih dari arah depan ke belakang. 

Namun, jika Anda sedang menggunakan toilet umum, usahakan untuk tidak menggunakan air yang kurang bersih dan tidak higienis untuk membasuh area kewanitaan. Untuk membasuhnya, Anda bisa menggunakan air minum kemasan untuk membersihkan area kewanitaan.

2. Kenakan Celana yang Nyaman

Pakaian ternyata juga bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah keputihan, khususnya celana yang biasa Anda kenakan. Usahakan untuk mengenakan celana dari bahan katun yang mudah menyerap keringat. Serta, hindari mengenakan celana yang ketat, baik itu celana dalam maupun luar.

Terlebih lagi saat Anda sedang hamil, memperhatikan kualitas bahan celana dalam akan berpengaruh terhadap kesehatan alat kelamin Anda. Sangat direkomendasikan untuk mengenakan celana berbahan dasar katun. Sebab, bahan ini bisa mengurangi resiko terkena infeksi yang cukup signifikan.

3. Mandi Secara Teratur

Mandi secara teratur dan mengganti celana dalam lebih sering, ternyata bisa membantu Anda untuk mengatasi keputihan saat hamil. Mandi secara teratur tiap harinya akan menghilangkan keputihan dan membersihkan alat kelamin Anda. selain itu, juga bisa membantu tubuh untuk mencegah infeksi bakteri.

4. Kurangi Konsumsi Makanan Tak Sehat

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi keputihan saat sedang hamil adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang kurang sehat. Sekedar informasi, lendir dari serviks nyatanya erat kaitannya dengan jenis makanan yang Anda konsumsi. Sebab itulah, jangan mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan masalah pencernaan atau peradangan. 

Itu dia keempat cara mengatasi keputihan saat hamil yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Selain keempat cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan pantyliner atau pembalut, yang bisa menyerap cairan yang keluar. Sehingga membuat Anda tetap nyaman saat beraktivitas sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.